Google
Prof. Google M.IDHAM KHOLID F.

Rabu, 09 September 2009

HOMO HOMINI LUPUS(Manusia adalah serigala bagi manusia lainnya)

Thomas Hobbes dilahirkan pada 5 April 1588 di Malmesbury, Wiltshire, Inggris. Hobbes merupakan tokoh penting dalam perkembangan filsafat, ilmu pengetahuan, dan ilmu politik modern. Salah satu karya Hobbes adalah Leviathan (1651).

Teori yang paling kita ingat dari tokoh ini adalah Teori Homo Homini Lupus(Manusia bisa jadi serigala bagi sesamanya).

Hobbes memunculkan teori ini karena:

· Menurut Hobbes, secara alamiah manusia punya naluri kekerasan. Menurutnya kekerasan terjadi karena tidak tersalurnya naluriah (harapan, keinginan atau kehendak) yang berlebihan itu.

· Menurut Hobbes manusia pada dasarnya hanya memikirkan kepentingan diri sendiri, segala tindakan manusia mengarah pada pemupukan kekuasaan dan hak milik sehingga akan menjurus pada perang antara semua lawan semua.

· Menurut Hobbes untuk mempertahankan kelangsungan hidup - yang didasarkan pada rasa takut terhadap kematian yang kejam -- adalah satu-satunya klaim moral yang dapat dibenarkan.

· Di masanya ia melihat adanya kesewenang-wenangan terhadap golongan yang lemah, sehingga perlu adanya peran negara untuk mencegah ini.

· Ia melihat masyarakat di masanya sungguh-sungguh persis seperti binatang, karena mereka saling memakan. Mereka tidak lagi memegang nilai-nilai seperti kejujuran dan kebenaran serta keadilan dan kepedulian pada eksistensi orang lain.

1 komentar:

  1. Rasanya pendapat itu nyata, dan nilai2nya masih dalam realitas kehidupan dewasa ini. Terimakasih....

    BalasHapus